Thursday 27 June 2013

LPDP dan Beasiswa Pendidikan Indonesia

Oleh Bpk Eko Prasetyo, Bpk Ainun Naim,  Bpk Mahdun, Bpk Sofwan Effendi

Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) adalah sebuah lembaga yang dibentuk oleh kementrian keuangan untuk mengelola dana abadi pendidikan. Dana ini merupakan bagian dari dana 20% alokasi pendidikan RAPBN negara yang disisihkan dan diinvestasikan. Hasil investasi inilah yang dimanfaatkan untuk beasiswa S2, S3 serta penelitian. Menariknya, besaran dana pokok bertambah besar setiap tahunnya serta bersifat flexible karena dana pendidikan tersebut dikelola 100% oleh LPDP, terbebas dari dinamika politik dan birokrasi pemerintahan.

Ide utama adanya LPDP dan Beasiswa Pendidikan Indonesia adalah jawaban dari tantangan perekonomian Indonesia di masa mendatang. Pada tahun 2030 kelak, Gross Domestic Product Indonesia diprediksikan akan  mencapai posisi 7 besar dunia akibat dari adanya bonus demografi Indonesia. Untuk mewujudkan posisi 7 besar ini tentu kita membutuhkan jumlah tenaga kerja terdidik paling tidak 113 juta jiwa di tahun 2030 sedangkan di tahun 2013 ini jumlah tenaga kerja terdidik barulah 55 juta jiwa. Untuk pemenuhan kebutuhan tenaga kerja inilah LPDP dibentuk oleh kementerian keuangan untuk mengelola investasi dana pendidikan.





Beasiswa Pendidikan Indonesia diperuntukkan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang memenuhi syarat akademis dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Layanan LPDP adalah pembiayaan sekolah (master dan doktoral), thesis dan desertasi, biaya research untuk industry strategis (pangan, energi dan sumber daya mineral) , pengalokasian dana untuk pembangunan asset pendidikan di daerah bencana, serta pengelolaan dana abadi. LPDP juga mendorong hasil riset anak bangsa ini dapat diakui dan selanjutnya dapat diimplementasikan di dunia industri yang kemudian dapat meningkatkan GDP.

Agak berbeda dengan beasiswa lainnya, Beasiswa Pendidikan Indonesia tidak memiliki besaran khusus, namun LPDP berusaha untuk memenuhi semua kebutuhan biaya mahasiswa S2 maupun S3 dari awal hingga kuliah selesai seberapa besarpun itu dalam kurun waktu yang ditentukan. Selain itu beasiswa ini juga dilengkapi dengan program pembekalan nasionalisme dan kepemimpinan yang melibatkan tokoh-tokoh nasional atau public figure dan bahkan bekerjasama dengan perbankan dan TNI Angkatan Laut.

Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia ini diharapkan dapat memberi imbal hasil atas upaya investasi LPDP bagi penerima beasiswa. Sumbangsih dapat berupa apapun; baik berupa pemikiran atau bekerja di sector pemerintahan atau swasta di Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Daftar Pustaka:

No comments:

Post a Comment