Thursday 27 June 2013

Selamat Pagi, Risa!



Sebuah film bersetting tahun 70-an yang bercerita tentang maraknya kasus korupsi di kalangan pejabat pemerintahan hingga oknum penegak hukum.  Pada tahun 1974 terjadi sebuah krisis pangan dimana harga komoditi menjadi mahal dan langka. Menjelang krisi terjadi, seorang pedagang hendak menimbun beras selama kurun waktu tertentu lalu komoditi tersebut dipasarkan kembali dengan harga yang berlipat –ganda.
Ayah Risa, seorang pejabat lokal yang mempunyai wewenang untuk pengelola gudang kantor, menolak uang pelicin yang ditawarkan oleh seorang pedagang komoditi yang akan menyewa gudangnya untuk menimbun beras. Ayah Risa tahun bahwa perdagangan seperti ini adalah salah ini tentu merugikan masyarakat namun sangat menguntungkan penimbun. Karena Ayah Risa mempunyai rasa peduli terhadap sesama, beliaupun menolak uang imbalan yang diberikan pedagang komoditi tersebut walaupun kemiskinan sedang melanda rumah tangga dan beliau juga tidak mengizinkan gudang kantornya dimanfaatkan untuk menimbun beras.

Gambaran-gambaran korupsi semacam ini sangat sering terjadi di kantor-kantor pemerintah daerah bahkan di sekitar kita dan Film ini menekankan bahwa pendidikan moral dan etika dalam keluarga menjadi sangat penting dalam melawan godaan korupsi tersebut.

1 comment:

  1. Thanks untuk reviewnya mas Gibran semoga bisa menjadi berkat bagi lebih banyak orang

    ReplyDelete